Agama Monoteis Selain Islam

Muhammad dengan menunggang Qaswa (Unta kesayangannya) diiringi sekitar 10.000 pasukan pada tahun 630 mendatangi kota Mekah, kota kelahirannya, lalu menghancurkan 360 patung yang ada di sekitar Kabah, yang dituduh sebagai berhala tetapi membiarkan Hazar Aswad tetap di tempatnya dan setiap kali mengelilingi Kabah, Muhammad mencium batu itu yang punya ikatan historis dengan masa kecilnya. Menurut ukuran sekarang pengambilalihan kekuasaan atas Mekah disebut makar, tetapi diukur dari kebudayaan Yunani yang ada sekitar 1000 tahun sebelum Muhammad lahir tindakan itu juga disebut makar.

Sebanyak 360 patung itu diduga dibuat dalam budaya Hindu yang mencerminkan kekuatan yang mengatur Dunia. Dalam agama Hindu memang banyak dewa tetapi semua dewa tersebut ada dalam koordinasi Sang Hyang Widi. Artinya agama Hindu adalah agama monteis karena Sang Hyang Widi adalah penguasa tunggal yang berkuasa atas dunia secara keseluruhan, tidak hanya untuk mereka yang beragama Hindu. Sang Hyang Widi juga Tuhan bagi orang Kristen, Islam, Buddha, bahkan bagi orang yang tidak beragama dan juga orang yang tidak mengakui adanya Tuhan.

Dalam Alquran, Muhamamd menyangkal Trinitas katanya Tuhan tidak punya anak. Dalam ajaran Gereja Katolik, Trinitas bukan berarti ada tiga Tuhan karena yang berkuasa adalah Allah Bapa. Artinya agama Katolik adalah agma monoteis karena Allah Bapa adalah penguasa tunggal atas dunia secara keseluruhan. Allah Bapa bukan hanya Tuahn
bagi mereka yang beragama Katolik, tetapi Allah Bapa juga Tuhan bagi orang Hindu, Buddha, Islam, bahkan bagi orang yang tidak beragama dan juga orang yang tidak mengakui adanya Tuhan.

Dalam surat Al-Kafirun, Muhammad mengajarkan, "Hai orang-orang kafir, aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah, dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah." Artinya Muhammad mengajarkan bahwa Tuhan bagi orang Islam berbeda dengan Tuhan bagi orang Kafir, atau dengan kata lain yang mengatur dunia ini ada lebih dari satu Tuhan.
Ada satu Allah bagi orang Islam (Allah yang suka menghukum dan memberi pahala kepada yang rajin sholat) dan ada Tuhan lain untuk orang kafir. Dengan kata lain Muhammad mengajarkan ada lebih dari satu Tuhan yang mangatur dunia, artinya agama yang sesungguhnya tidak monoteis adalah Islam.
Salam

Tidak ada komentar: